Sering denger kalo lagi batuk ga boleh minum es?
Atau pernah denger jangan minum es ntar batuk,,,,?
Masa sih?
haha dulu saya kira juga iya,,,
kok bisa ya? emang gimana prosesnya?
jadi,
es itu kan dingin, dan sesuatu yang dingin itu bersifat vaso
konstriktor atau istilah gaulnya membuat pembuluh darah menjadi
menyempit..
terus? apa hubungannya?
jadi, pas es
ngelewatin kerongkongan, maka pembuluh darah di kerongkonan jadi kecil
dan akhirnya sel darah putih ga bisa lewat karna sel darah putih
ukurannya besar,,,,
karna sel darah putih yang fungsinya membunuh
kuman and the gank ga ada, maka kuman and the gank yang jadi penyebab
batuk ga ada yang ngelawan... so akhirnya mereka merajarela dan
terjadilah batuk,,, hohoho
tapi saya suka banget sama es,,, gimana ya caranya biar bisa minum es tapi nggak batuk?
sebenernya
sih yang bikin batuk bukan karna es nya... tapi karna menyempitnya
pembulih darah sehingga sel darah putih ga bisa lewat, so kalo pengen ga
batuk, kita harus membuat pembuluh darah yang berkonstriksi menjadi
dilatasi atau bahasa gaulnya kita harus membuat pembuluh darah yang
menyempit tadi kembali melebar,,,
caranya? abis minum es, terus minum anget karna sesuatu yang anget bersifat vasodilator...
tapi kan kalo abis minum dingin terus minum anget, ntar giginya bisa jadi ngilu...?
maka
ya, minumnya jangan kena gigi hehehhe..
ribet ya,,,?
makanya yang sedang sedang aja kalo bisa,,, :D
Dari Asma’ binti Abu Bakar radhiyallahu ‘anha, jika beliau membuat roti Tsarid
maka beliau tutupi roti tersebut dgn sesuatu sampai panasnya hilang.
Kemudian beliau berkata, “Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi
wa sallam bersabda, “Sesungguhnya hal tersebut lebih besar berkahnya.”
(HR. Darimi no. 2047 & Ahmad no. 26418, Syaikh al-Albani memasukkan
hadits ini dlm Silsilah Shahihah no. 392)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar