Selasa, 19 Maret 2019

pengen nikah? emang udah siap?

Pengen nikah? Emang udah siap? Ga tau hahaha... Waktu itu gue nginep di rumah tante gue dimana tante gue punya 1 anak usia smp yang lagi mondok, 1 anak usia sd dan 1 anak usia balita, dan tante gue lagi hamil. Gue bangun tidur ya Cuma bangun tidur aja, mandi terus sholat terus bantuin angkat makanan yg lagi di goreng. Sedangkan tante gue, bangun tidur terus bangunin 2 anaknya yang masih krucil gitu, dan banguninnya gabisa Cuma sekali: “ abang, ayo bangun, terus sholat shubuh, adek ayo bangun terus sholat shubuh, sedikit drama lah, bilang masih ngantuklah, ini kan hari libur lah dll. Gue single Cuma ngurusin diri gue sendiri. Tante gue harus ngurusin dirinya sendiri+2 anaknya. Udah siap? drama ga hanya berakhir disitu, tapi berlanjut pas gue sama tante gue udah berangkat, mba yg bantuin di rumah bilang kalo anaknya yang SD gamau berangkat ke acara sekolah, pake drama nangis, gamau berangkat kalo ga dianterin bundanya, akhirnya dengan segala bujuk rayu dan sedikit ancaman;” boleh ga ikut acara sekolah, tapi abang harus izin sendiri ke ayah” akhirnya si abang bersedia berangkat ke acara sekolah dengan diantar bapak gojek hahaha. Waktu itu gue naik kereta ama temen gue, di kursi depan gue ada buibu pak bapak sama anak balita. You know kan kursi kreta ekonomi antar kota gimana? Kurang nyaman kan kalo dalam waktu yang lama duduk ga gerak-gerak atau rubah posisi? Nah anak balita ini terlihat main hape dan tiduran dipangkuan ibunya, udah siap hidup kayak gitu? Tau kondisi toilet di kreta kan? Gue akan sekuat tenaga menggunakan trik apapun supaya gue ga pipis apalagi bab disana. Tapi dengan sangat terpaksa mau gamau gue pasti wudhu sih. Kamar mandi yang seringnya pesing, becek+kotor, aernya asin, pengap, pasti gue hindari. Nah, anak kecil yang duduk depan gue itu minta anterin pipis, ke emaknya. Bapaknya? Gatau deh, haha. Belum nemu kondisi dimana anak minta anterin pipis ke bapaknya kalo disitu ada emak sama bapaknya. Sebagai emaknya bocah, mau gamau nganterin anaknya pipis di tempat yang tidak nyaman tersebut. Udah siap? Kita yg dewasa bisa aja menghindari, tapi kalo anak yg minta, emang bisa nolak? Gamungkin kan? Di kondangan temen gue, gue single mah bebas, ngobrol ama temen-temen gue yg single lainnya juga, nah temen gue anaknya udah 2 nih, yang 1 usia 3 taun, yang satu usia 9 bulan, jadi mau gamau digendong terus adek bayi yang masih usia 9 bulan ini, ambil makan di kondangan pun, ga Cuma buat diri sendiri, si anak juga pasti kita yang ambilin makannya apa. Udah siap? Pas gue nanyain temen gue: ikut kondangan ga? Temen gue yg udah punya 1 anak bilang: abinya lagi sibuk Na, jadi ga tega kalo harus minta anterin abinya. Disitu gue mikir, oh kalo udah nikah gitu ya, gue mah single, 200km motoran sendiri juga tancep gas aje... Tante gue yang lain, yang punya balita umur 3,5 tahun dan 1 tahun, bilang mao mandi aja susah, kebetulan sepupu gue yg umur setaun ini gamau digendong ama siapa-siapa kecuali emaknya/ bapaknya. Jadi kalo mau mandi/ makan/ mau ngapa-ngapa in nunggu bocah tidur dulu. Tapi kata temen gue, yang udah punya 2 anak, karna rasa cinta ke anak, semua pengorbanan tidak terasa berat. Semua karna rasa cinta Na, karna rasa cinta ke anak. Nanti kamu bakal ngerasain sendiri. Ya karna memang gue melihatnya dari sudut pandang kondisi gue sekarang, bukan sudut pandang kondisi orang yang mengalami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar