Minggu, 27 Januari 2019

Kasih ibu sepanjang masa, kasih anak sepanjang galah

Suatu hari di poli rumah sakit, datang seorang ibu, protap biasa ditanyakan keluhan (ibu nya post operasi sesar) G:Ibu ada keluhan? I:Ini mba luka jaitan saya warnanya ijo-ijo kuning gitu. G:mbatin rada gemes, kok yo lapo sih bu iso dadi infeksi ngono? (Dalem hati aja, jangan sampe diucapin, karna bisa bikin ibunya malah males pergi ke dokter terus malah perginya ke dukun). "Ibu rutin makan putih telurnya?" (Di kunjungan sebelumnya udah disarankan buat makan putih telur yang banyak) I: ya tiap makan saya usahain sama telur mba, tapi ya gimana ya, ya kadang ada ya kadang engga, soalnya tergantung penjualnya. G: kenapa ga rebus sendiri aja bu? I: gabisa masak e mba, soale aku ga pulang ke rumah, suami kerja, anak ku dirawat di ruang bayi, rumahku di (nyebutin salah satu nama kabupaten di jawa timur), jadi gabisa pulang ke rumah soalnya harus jagain anak sama ngasih ASI, anaki mek 1,7kg mba. G: speechless, sedih kaget, shock. Jadi ibu selesai operasi sesar ga pulang ke rumah? Tinggal di rumah sakit? I: ya mau gimana lagi mba, kos harian mahal, 40rb sehari, mending buat makan uangnya. G: disitu gue istighfar dalem ati merasa bersalah sama ibunya karna udah gemes sama ibunya karna luka jaitannya kurang bagus. Disitu jg gue pengen nangis, kebayang ga sih, abis melahirkan itu sakit. Apalagi ini abis melahirkan sesar, badan meriang, perut bekas dibelek terus dijait kemudian biusnya ilang pasti nyut nyutan. Boro boro bisa enak2an tidur di kasur empuk atau makan ada yg nyediain, ibunya harus tinggal di rumah sakit yang alas tidurnya tiker atau bahkan lantai. Sendirian 😭😭😭. Suaminya kerja. Ibunya mandi, nyuci di kamar mandi umum rumah sakit. Tidurnya campur sama orang lain. Kita yg sehat aja sangat ga nyaman tidur di tempat kayak gitu, apalagi ini abis melahirkan dan di operasi sesar? Ga kebayang 😭😭😭😭😭 Akhirnya gue kasih cp rumah singgah, ntah ibunya mau tinggal disana apa engga, karna jarak rumah singgah ke rs +- 1km an dimana bisa tiap beberapa jam ibunya nyusuin/mompa ASI di ruang bayi. Beberapa minggu kemudian, pas gue mau parkir motor, ada yg teriak2 manggil gue, ternyata ibunya. Trs beberapa hari kemudian, gue yg liat ibunya duluan, trs gue sapa, ibunya jawab: mba, seh eling ae ambe wong elek iki (mba, masih inget aja sama orang jelek ini), trs gue senyumin.. Haha pasti ingetlah bu, ibu yg menyadarkan saya bahwa hidup saya terlalu banyak nikmat. Tapi lupa buat mensyukurinya. Semoga ibu dan adek bayinya sehat ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar