Sabtu, 10 Maret 2018

CENDOL NDAN PART 3 : ANTARA WARWANAI DAN BINTARA

Jadi temen gue punya murid di salah satu sekolah di raja ampat, jari muridnya ini kena cutter dan dibiarin aja selama 2 minggu ama tuh bocah, pas diliat ama temen gue ini, ntu luka udah parah, jarinya ampe bengkak merah, lukanya meluas, dibawalah ke puskesmas, ama puskesmas dilempar ke rsud, di rsud dilempar lagi ke puskesmas terus aja kayak bola pingpong dan dokternya kagak ada (hellaw itu ugd rsud masa sampe kagak ada dokternya 😭), akhirnya gue nanya ke kakak kelas gue yang lagi tugas nusantara sehat di sorong selatan, siapa tau punya kenalan tenaga kesehatan yang tugas di raja ampat. alhamdulillaah ada; perawat, tapi beda distrik ama temen gue itu, temen gue di waisai, mas perawatnya di warwanai, lalu gue mencoba searching lah di gmaps segimana jauhnya, kalo di peta sih terlihat ga jauh jadi gue mikir wah bisa nih make motor buat ngedatengin mas perawatnya buat rawat luka. Gue: selamat siang paman, sa pu nama diana, sa dapat paman pu nomer dari suster mega, kasih boleh sa pu teman rawat luka di paman pu tempat? Dong su pi puskesmas, su pi rsud juga tra ada dokter, kasihan dong pu jari luka infeksi sudah. Perawat: (dibales satu setengah hari kemudian karna ga ada sinyal, cuma centang satu soalnya) siang, sa tugas di warwanai tra tugas di waisai, jauh Gue: sa lihat di peta dekat paman Perawat: tra ada jalan darat waisai-warwanai, naik speed bisa (semacam kapal kecil) 6 jam Gue: 😂😂😂 ya salam... Gue amnesia apa pikun ya? Akses disana kan kebanyakan make kapal laut bukan make kendaraan darat. Sejauh jauhnya ngerujuk di pulau jawa, masih make jalan darat, yah meskipun ada daerah yang parah banget jalannya (red: ujung kulon), sampe sampe bang yusef bilang: kalo mayat lewat jalan ini bisa bangun lagi (saking grunjel grunjelnya), terus orang sakit bisa langsung mati, ibu hamil bisa langsung ngelahirin di jalan... Duh bang yusef wkwkwk... 😂😂😂 Di papua Rasio bidan banding penduduk emang lebih dari target nasional, tapiiiiiii plisssss yaaaaa ini papua men, wa bil khusus raja ampat, letak geografisnya Beda ama bekasi yang kemana mana bisa dijangkau abang gojek, satu kelurahan (bintara) warganya ada 56.000 jiwa lah raja ampat se kabupaten warganya cm 26.000 jiwa. Jadi bisa bayangin ya.. Segimana perbandingan kepadatan penduduknya,,,, hohoho

Tidak ada komentar:

Posting Komentar