Sabtu, 24 Februari 2018

CENDOL NDAN part 2 (NICU RSDS)

Minggu ini gue dapet rejeki berupa libur praktik profesi selama 2 hari (Senangnya pake banget). Sedihnya adalah gue masih meninggalkan 2 utang laporan. 1. Laporan komprehensif asuhan keperawatan 2. Laporan ujian asuhan keperawatan Secara gue kuliah bertaun taun belajarnya laporan asuhan kebidanan, ndilalah LK ama ujiannya make asuhan keperawatan. Posyeng pala barbie lah. Ampe gue bela belain ke kosan temen gue ampe jam 11 malem, supaya ngerti diagnosis keperawatan ama intervensi masalah dan implementasi serta evaluasinya. (Gue cm ngerti diagnosisnya doang *cry*) Secara kasus gue nggarai mumet (menurut gue, bagi yg udah biasa sih engga kayaknya) Jadi kasus LK gue adalah neonatus aterm (bayi lahir cukup bulan) dengan hiperbilirubinemia (kuning), kecil masa kehamilan (berat lahir kagak sesuai ama usia kehamilan), gemeli (kembar), berat bayi lahir sangat rendah (1300gram), dan SEPSIS (masuknya bakteri patogen ke dalam aliran darah secara sistemik). Terus kasus ujian gue adalah neonatus prematur (28 minggu), berat bayi lahir amat sangat rendah (900gram), patent ductus arteriosus (semacam penyakit jantung bawaan). Disitulah gue merasa: ngapa kasus LK ama kasus ujian gue susah amat? Tapi ga lama dari itu gue malah jadi balik mikir: hellaw, elo itu cuma disuruh bikin asuhan keperawatannya doang neng, bukan yg mengalami kasusnya. Coba mau kagak tuker posisi, emak ntu bayi yg disuruh bikin asuhan keperawatan terus elo yg jd emak bayi yg harus nerima kenyataan segala keadaan anaknya. Disitu saya merasa: gue mah ujiannya kagak ada apa apanya,,, Jalani aja, jangan kebanyakan ngeluh, sering sering ngebayangin ada di posisi pasien, biar sadar. Dan entah kenapa selama profesi ini jadi cepet banget cape, kalo pulang shift lebih sering tidur ampe mau maghrib, padahal kan ga boleh ya tidur abis ashar, tapi mau gimana lagi, udah nyoba ngerjain laporan depan laptop tapi tetep aja ujung ujungnya pindah alam dan kebangun pas sholawatan mau adzan maghrib, malah pernah pas keadaan cuape bangunnya jam setengah tujuh malem, gue heran padahal di poli jg ga cape cape amat, kalo di ruangan sih emang cape, apalagi kalo pas lagi banyak orang, minum es gelas 22oz aja suara gue langsung serek ckck (mulai berpikir buat konsumsi vitamin sintetis). Dan ternyata temen sekelompok gue juga pada suka tidur kalo abis shift. Jadi saya minta maaf kepada temen temen yang mulai merasa saya jadi ga asik lagi, menghilang dari peredaran, gapernah muncul di grup, wa balesnya lama, gabisa dateng ke walimahan, gabisa dateng ke wisudaan, gabisa diajak jalan-jalan, agak susah diajak kajian, dan lain-lain. Sungguh bukan ga pengen ketemu kalian, tapi karna saya ada tanggungan yang harus diselesaikan, karna saya ga mau numpuk utang laporan, bukan saya menye menye minta pengertian (tapi saya emang minta pengertian kalian sih hehe), tapi seperti inilah keadaan. Maafkaan kelebayan saya ini, karna kondisi orang memang beda beda dan kondisi saya gampang cape dan lemah dalam hal membuat laporan dokumentasi kasus (tapi dalam hal ngemil ama ngomong kuat kok kwkwkwk) Oleh karna itu saya harus berusaha lebih dari orang lain yg tidak gampang cape ataupun sangat mudah membuat laporan dokumentasi kasus dengan cara saya harus meluangkan ekstra waktu dalam mengerjakan laporan sehingga hal yg lainnya terabaikan. Tapi tenang aja, foto diatas bukan foto saya yang karna efek profesi terus berubah jadi neneng pe a yang gila sampe sampe boneka dianggap anak loh ya,,, Tapi lagi simulasi kangoro mother care alias perawatan metode kangguru yang sangat direkomendasikan buat meningkatkan bonding antara emak dan bayi BBLR, biar berat badannya cepet naek. Dan itu foto bapak bapak yg dibelakang bukan foto bapaknya juga, beliau adalah ppds anak dengan kalung yg masih merah yang bisa jadi keadaannya lebih berat dari gue, kenapa? Karna pas waktu gue pulang dari kos temen terus beli nasi goreng jam 11 malem, ntu dokter baru keluar dari warnet dengan masih pake jas dokter, sedangkan jam 5 pagi harus udah standby di ruang NICU buat nyatet keadaan pasien dan ngelaporinya ke staff jam 7 pagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar